Pengaruh ai dalam bidang seni dan dunia kreatif

Nama : rizki salman

Npm : 202246500158

Kelas : R4C



Pengaruh ai dalam bidang seni dan dunia kreat


Abstrak


 Pada penelitian ini akan menganalisa  tentang dampak AI terhadap dampak terhadap pengembangan dunia di bidang kesenian dan dari  Tujuan dari analisis ini untuk mengidentifikasi manfaat dan buruknya tersebut menggunakan dan Ditujukan untuk memahami lebih dalam tentang problem tentang kemajuan di bidang AI


A. PENDAHULUAN 

Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan sekarang makin membantu dalam dunia teknologi bahkan ke dunia seni, Hal ini tentu saja menimbulkan banyak sekali pro dan kontra di kalangan akademisi. hal yang menjadi fokus dalam penggunaan AI untuk pembelajaran di antaranya adalah problematika yang berkaitan dengan kurangnya berpikir kritis, plagiarism, dan kurangnya pengembangan keterampilan.


 bidang seni sudah merambah ke sejumlah negara maju dalam beberapa tahun terakhir dan terus mengalami perkembangan yang pesat dan Berdasarkan data tersebut, Al kemudian menyediakan akses kemudahan dalam menciptakan karya  kebutuhan masing-masing 


saat ini terngah banyak dibicarakan oleh masyarakat. Teknologi Al yang mampu mengubah sebuah foto biasa menjadi sebuah karya digital yang indah dan menakjubkan. 


Hal ini menimbulkan keresahan kepada para pelaku kreatif terutama ilustrasi karena, banyak data atau aset gambar yang diambil oleh pihak pembuat jasa AI ilustrasi tanpa meminta izin para ilustrator,Sehingga hal tersebut merugikan para ilustrator dan juga mengancam keberadaan para pelaku ilustrasi dalam pasar kreatif. Hal ini, merupakan tindakan plagiarisme yang dilakukan secara terang-terangan. Contohny a kejadian di Colorado State Fair yang dimenangkan pekerja kreatif yang memanfaatkan kecerdasan buatan bernama Midjourney, sehingga menimbulkan perdebatan dan penulis ingin isu polemik IA di masyarakat


Metode

Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan penelitian kualitatif. Metode penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang fokus pada pemahaman suatu fenomena sosial yang terjadi di masyarakat. Metode ini digunakan untuk mendapatkan data yang rinci yang didasarkan . Observasi digunakan sebagai pengamatan secara langsung terhadap objek penelitian secara lebih ke informasi meliputi ruang, orang-orang yang terlibat,dan aktivitas,


 PEMBAHASAN 


A. Penggunaan Teknologi Al dalam dunia desain dan seni.

Perkembangan teknologi khususnya artificial intelligence yang semakin canggih bahkan sangat maju sampai telah menyentuh dunia seni dan desain. Penyampaian informasi, gagasan, emosi dan pesan yang dituangkan kedalam berbagai media seni, tulisan, novel, puisi, music, film, atau media digital telah tumbuh menjadi lebih pintar, dan interaktif sehingga saat ini hubungan antara teknologi, seni dan orang tidak dapat dipisahkan. Penggunaan AI pada seni dan desain telah banyak dituangkan pada artikel ilmiah.

1) Segmentasi Gambar: Penelitian Xin Zhang dan Wang Dahu pada tahun 2019 [6] membahas penggunaan Kecerdasan Buatan dalam pengolahan citra, dan penelitian tersebut berfokus pada segmentasi citra/gambar.


2) Image Enhancement: Image atau foto Enhancement adalah perubahan antara gambar asli berkualitas rendah dengan gambar hasil pengeditan seorang dengan hasil berkualitas tinggi. Kosugi dan Yamasaki [7] melakukan penelitan menggunakan teknologi AI untuk Image enhancement tanpa pasangan gambar masukin gambar hasil editan pakar. Untuk meng-enhance gambr masukan tanpa ada pasangan gambar sebagai target gambarnya, digunakan pendekatan algoritma CNN yaitu menggunakan cycledGAN, sedangkan untuk menghilangkan artifak dari proses cycleGAN digunakan framework Reinforcement Learning (RL) yang terdiri dari perangkat lunak editor gambar seperti Adobe Photoshop, satu generator, dan satu discriminator. Yang digunakan sebagai  software



B. Dampak Ai dalam DUnia Kreatifitas Desain 


Dampak Positif: Peran media sebagai alat komunikasi yang menyampaikan informasi dari sumber informasi ke audiens atau penerima informasi, saat ini digunakan oleh manusia untuk menyampaikan ide, gagasan, dan pemikiran ke audiens yang diinginkan. Dalam dunia hiburan, media dan teknologi kecerdasan buatan tidak k dapat dipisahkan untuk mendukung adanya komunikasi secara cepat dan instan. Sebagai contohnya girlgroup Korean pop


Dampak negatif: eknologi AI memang dapat mempermudah proses pembuatan desain kreatif, namun dilain sisi AI dapat menimbulkan kekhawatiran bahwa AI dapat menggantikan seniman manusia atau menciptakan karya seni tanpa jiwa [30]. AI Influencer yang bekerja sama dengan brand untuk mempromosikan brand atau menggiring lifestyle tertentu merupakan salah satu bentuk contoh pekerjaan manusia yang dapat digantikan oleh AI.


Kesimpulan

Berdasarkan pembahasan diatas maka dapat kita dikatakan bahwasanya teknologi AI membawa perubahan di bidang seni visual terkhusus ilustrasi. Hal ini disebabkan karena adanya perbedaan pandangan terhadap penggunaan Al. Di satu sisi Al sangat membanu mempermudah bahkan mempercepat proses dalam berkarya seorang artist atau ilustrator. Di sisi lain penggunaan teknologi Al dinilai kurang tepat apabila dijadikan sebagai authority dalam berkarya dan dikomersilkan sehingga plagiarisme tidak dapat dihindarkan. Sebagai seorang ilustrator hal yang wajib kita lakukan adalah bersaing dan memanfaatkan kemajuan teknologi yang terjadi dengan mengikuti peradadaban zaman




Daftar Pustaka


Satrinia, D., Firman, R. R., & Fitriati, T. N. (2023). Potensi Artificial Intelligence dalam Dunia Kreativitas Desain. Journal of Informatics and Communication Technology (JICT), 5(1), 159–168. https://doi.org/10.52661/j_ict.v5i1.164


Eriana, E. S., & Zein, D. A. (2019). Artificial Intelligence. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.


Munadiyah,; cP., 8& Handriyotopo, H.(2023). Problematika Penggunaan Al (Artificial Intellegence) di Bidangllustrasi :AIVS Artist. CITRAWIRA Journal ofAdvertising and Visual Comrmunication, 4(1), 129-136. https://doi.org/1O.33153/citrawira.v4il.4741

Komentar

Postingan populer dari blog ini

kerangaka teoritik penelitian tentang pengaruh film dan tontonan untuk masyrakat dan utama anak - anak

menemukan diri dalam kajian seni rupa dan desain